BURGEER Tradisional (Bugar dengan Games dan Permainan Tradisional)
Pandemi Covid telah berlangsung mulai tahun 2020. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran tatap muka di sekolah harus diberhentikan menjadi pembelajaran dari rumah atau biasa disebut pembelajaran dalam jaringan (daring). Tugas dan peran guru pun menjadi sangat berat. Berdasarkan hasil observasi dari awal, masalah serupa juga terjadi pada peserta didik kelas 3 UPT SPF SD Negeri Ujung Tanah 2 Makassar. Dari hasil observasi tersebut ditemukan bahwa menurunnya daya tahan fisik peserta didik dalam berolahraga. Hal ini bisa terlihat dari kurangnya jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran penjas. Hal tersebut disebabkan karena beberapa faktor diantaranya yaitu kurangnya semangat peserta didik karena aktifitas berolahraga hanya dilakukan sendiri dirumah. Kurangnya aktifitas fisik karena kecendrungan memberikan tugas tertulis melalui whattsapp. Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran penjas. Berdasarkan hal tersebut diberikanlah gagasan kreatif dengan judul “Bugar dengan Games dan Permainan Tradisional” yaitu upaya Meningkatkan kebugaran jasmani melalui games dan permainan tradisional dalam pembelajaran penjas pada peserta didik kelas 3 UPT SPF SDN UJUNG TANAH 2 MAKASSAR. Games dan permainan tradisional adalah media yang tepat untuk meningkatkan kembali daya tahan peserta didik dalam pembelajaran penjas. Dipilih karena diharapkan dengan games dan permainan tradisional minat belajar peserta didik dapat meningkat sehingga daya tahan dan kebugaran jasmani bisa meningkat.
Adapun tujuan umum pelaksanaan rancangan aktualisasi ini antara lain:
1. Mengetahui dan memahami nilai dasar-dasar ANEKA yang harus dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara.
2. Mampu mengaplikasikan nilai-nilai dasar profesi ASN (ANEKA) dalam melaksanakan tugas sebagai guru di lingkungan UPT SPF SD Negeri Ujung Tanah 2 Makassar yaitu:
1}Mengaktualisasikan nilai akuntabilitas
sehingga memiliki tanggungjawab dan integritas terhadap tugas dan fungsi sebagai guru ASN.
2}Mengaktualisasikan nilai nasionalisme
sehingga dalam melaksanakan
tugas dan fungsi selalu berpatokan pada nilai-nilai pancasila.
3}Mengaktualisasikan nilai Etika Publik
sehingga memberikan
pelayanan yang baik kepada siswa dan masyarakat pada umumnya
4}Mengaktualisasikan nilai Komitmen Mutu
sehingga dapat menjamin
kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat bermutu.
5}Mengaktualisasikan nilai Anti Korupsi sehingga menjadi sebuah contoh bagi warga sekolahnya.
Adapun manfaat dari aktualisasi ini adalah :
1. Manfaat bagi diri pribadi, yaitu saya
dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai dasar profesi ASN;
2. Manfaat bagi unit kerja, yaitu meningkatkan
kinerja unit kerja dan menjadikan
kegiatan-kegiatan menjadi sebuah kebiasaan (habituasi);
3. Manfaat
bagi organisasi dan guru, yaitu menguatkan visi, misi dan nilai-nilai
organisasi sehingga dapat memberikan
pelayanan terbaik serta memberikan motivasi untuk
meningkatkan kinerja dan berinovasi demi kemajuan sekolah.
4. Manfaat
bagi peserta didik, yaitu :
a. Menambah
keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Penjas.
b.Memberikan
pengalaman belajar yang menyenangkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani.
c. Meningkatkan fokus dan konsentrasi peserta didik dalam pembejaran.
Langkah-langkah best practice pembelajaran BURGEER Tradisional adalah sebagai berikut:
- Guru menjelaskan materi tentang permainan tradisional
- Guru mendemonstrasikan aturan dan tata cara permainan tradisional yang akan dimainkan
- Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk memulai permainan
- Guru mengarahkan peserta didik untuk memulai permainan tradisional serta mengawasi dan mengantisipasi kecurangan Pada saat permainan dimulai.
Komentar
Posting Komentar