Penggunaan Media Pembelajaran Jembatan JAMETIK pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III

Penggunaan media pembelajaran sangat berpengaruh terhadap berhasilnya suatu proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan media pembelajaran yang bersifat konkrit, dan mampu memperjelas suatu masalah khususnya pada mata pelajaran matematika yang seringkali dianggap sulit dipahami oleh kebanyakan peserta didik. Namun masih banyak ditemukan guru yang kurang menerapkan penggunaan media pembelajaran dalam pemberian materi. Guru lebih terfokus menerangkan materi secara monoton yang mengakibatkan minat belajar peserta didik berkurang contohnya melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat di dalam proses pembelajaran seperti bercerita dengan teman, sekadar mencoret-coret buku, melamun, bahkan adapula yang mengantuk. Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk menerapkan penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran.


Media pembelajaran yang penulis terapkan yaitu “Jembatan JAMETIK”. JAMETIK ini sendiri adalah singkatan dari satuan waktu JAm MEnit dan deTIK. Di dalam media pembelajaran tersebut terdapat jembatan yang menghubungkan beberapa pulau yaitu pulau jam, pulau menit, dan pulau detik. Jarak antara pulau jam ke pulau menit yaitu 60 dan jarak antara pulau menit ke pulau detik yaitu 60, begitupun sebaliknya. Aturan pemakaiannya yaitu jika peserta didik ingin menyeberangi pulau, peserta didik harus menggunakan jembatan yang ada pada media pembelajaran dan hitungannya akan dikali apabila peserta didik mengawalinya dari pulau jam menuju ke arah pulau detik. Sedangkan apabila peserta didik berada di pulau detik dan ingin menuju ke arah pulau jam maka akan dibagi. Penulis merasa media pembelajaran JAMETIK ini dapat lebih mempermudah peserta didik khususnya kelas III dalam mengonversi waktu.

 Langkah-langkah best practice media pembelajaran Jembatan JAMETIK adalah sebagai berikut:

  1. Guru menjelaskan materi konversi waktu menggunakan media pembelajaran jembatan JAMETIK
  2. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan soal yang berbeda mengenai konversi waktu pada tiap kelompok
  3. Secara bergantian, masing-masing perwakilan kelompok maju ke depan menjawab soal menggunakan media pembelajaran jembatan JAMETIK
  4. Selanjutnya siswa diminta mengerjakan soal latihan di buku siswa yang berkaitan dengan konversi waktu, dan memecahkannya menggunakan media pembelajaran secara bergantian

Komentar

Postingan Populer